Sunday, August 17, 2008

Indonesia RAYA

Seingatku, aku menyanyikan lagi Indonesia Raya secara resmi dan khidmat adalah saat SMA. Kuliah tidak pernah ada upacara, apalagi di kantor. Nah, setelah sekian puluh tahun tidak melakukannya, pagi tadi aku melakukannya kembali. Woeeeet... jangan ngebayangin aku ikut upacara pake penaikan bendera Merah Putih, apalagi ada pembacaan Pancasila ya hehehe... Aku dah nggak sanggup dijemur di lapangan kayak jaman belia dulu.

Aku ikut nyanyi dengan khidmad di depan Altar berhiaskan merah putih, bersama seluruh umat yang hadir di gereja St. Servatius, dipimpin oleh koor yang solid. Gileee... aku merinding dan mata ikutan sembab. Terharu kali ya... ikut mengumandangkan lagu Kebangsaan, Indonesia Raya dengan semangat patriotik. Semua bacaan, kotbah, dan item liturgis lain mengacu kepada refleksi diri tentang kepemimpinan, tentang tanggungjawab kita sebagai penduduk dan umat gereja, tentang kasih kita kepada negara ini dan saudara dalam tumpah darah. Wah pokoknya shaking deh... touchy!

Sepulang gereja aku bertanya sendiri, apa yang aku sudah berikan untuk negara ini??? Hmmm... opo yo???

MERDEKA!!!!!

No comments: